Adsense Right Sidebar

5 Langkah Mencari Peluang Bisnis Online Yang Cocok Dengan Kemampuan Anda
5 Langkah Mencari Peluang Bisnis Online Yang Cocok Dengan Kemampuan Anda

5 Langkah Mencari Peluang Bisnis Online Yang Cocok Dengan Kemampuan Anda

Banyak sekali peluang usaha bisnis online yang bisa kamu jalankan. Salah satu membuka usaha bisnis online berdasarkan hobi yang kamu miliki.

5 Langkah Mencari Peluang Bisnis Online Yang Cocok Dengan Kemampuan Anda
Dari tahun ke tahun hingga sekarang, ada banyak orang tertarik dengan berbagai peluang bisnis online yang ada saat ini. Salah satu alasan yang membuat ketertarikan itu terjadi diantaranya bahwa menjalani bisnis online merupakan cara terbaik untuk mendapatkan penghasilan tambahan, memiliki waktu kerja lebih fleksibel, menguntungkan dan sebagainya.

Namun, tak sedikit dari mereka yang ingin menjalani karirnya di dunia bisnis mengalami banyak kendala di sana sini. Salah satunya masih kebingungan menentukan langkah apa saja yang akan diambil ketika merintis usaha online dari nol.

Sehingga, yang tadinya berniat ingin membangun usaha karena merasa tidak percaya diri dan bingung menentukan langkah pada akhirnya impian itu tidak pernah terealisasikan.

Jika kamu menghadapi permasalahan serupa, jangan sampai demikian. Cobalah untuk membaca informasi tentang langkah mencari peluang usaha bisnis online berikut ini. Mungkin saja setelah membacanya, kamu akan menemukan inspirasi yang dicari selama ini.

Langkah langkah mencari peluang usaha bisnis online:

1. Riset Pasar

Dalam menjalankan bisnis tentu saja kita tidak ingin mengalami kerugian. Walaupun resikonya ada, namun sebisa mungkin kita harus mampu menekan angka kerugian tersebut. Salah satu caranya yakni dengan melakukan riset pasar sebelum memulai bisnis dari nol.

Untuk melakukan riset pasar, kamu dapat memperhatikan di sekeliling tempat tinggalmu atau jika kamu ingin menargetkan usaha dalam skala nasional, cobalah untuk membuat sebuah penelitian dengan memperhatikan aktivitas banyak orang, kira kira produk apa yang dibutuhkan oleh mereka.

Kamu juga dapat memanfaatkan sosial media untuk melakukan riset pasar atau melihat liha katalog di berbagai situs marketplace saat ini. Tentukan berdasarkan lokasi, pendidikan, jenis kelamin, usia, status sosial, penghasilan dan sebagainya.

Selain itu, untuk memudahkan mu dalam hal melakukan riset pasar, kamu juga dapat memanfaatkan fitur aplikasi riset kata kunci. Contohnya saja google keyword planner atau google trend atau sejenisnya. Di sana kamu akan menemukan banyak ide tentang produk yang laris di pasaran.

2. Pintar Memanfaatkan Peluang

Terkadang, ada banyak orang tidak menyadari bahwa peluang usaha online yang menjanjikan ada di sekitar kita. Kebanyakan orang hanya berfokus pada mencari peluang usaha di daerah lain. Oleh sebab itu, jika kamu ingin memulai usaha online sebaiknya manfaatkan terlebih dahulu peluang terdekat yang ada di lingkungan tempat tinggal.

Langkah langkahnya, kamu dapat menganalisa beberapa tempat usaha sukses yang ada disekitar tempat tinggal mu saat ini. Pelajari apa saja yang membuat usaha tersebut sukses dan ramai didatangi customer atau pelanggan. Cari tahu kelebihan dan kekurangannya.

Jika ditempat tinggalmu tidak ada pelaku usaha yang menjalani bisnis secara online, cara lainnya yakni dengan melakukan peninjauan secara online. Kamu dapat memanfaatkan internet, di sana kamu dapat mempelajari kompetitor yang menjadi saingan nantinya. Sama seperti di atas, pelajari terlebih dahulu setiap kekurangan dan kelebihannya.

3. Memulai Dari Hobi

Diluar sana ada ribuan ide bisnis online yang dapat kamu jalani. Namun, kebanyakan dari orang ketika mereka mengambil peluang tersebut pada akhirnya mengalami sebuah kegagalan. Bisnis tidak dapat berkembang, bahkan mengalami kebangkrutan.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Jawabannya karena mereka tidak menyatu dengan bisnis yang dijalaninya.

Salah satu cara untuk mempertahankan bisnis online hingga langgeng walaupun menghadapi banyak masalah yakni dengan menyesuaikan dengan hobi. Pepatah orang bijak mengatakan, jalankan bisnis sesuai dengan passion dan jangan ada kata terpaksa atau ada sesuatu hal yang memberatkan.

Contohnya saja, ketika kamu menyukai dunia menggambar atau melukis dan kamu berbakat di sini. Karena kamu melihat keuntungan yang didapatkan dari berjualan online, sehingga kamu mengikuti pemikiranmu saat itu. Namun, kenyataannya tak sesuai dengan ekspektasi.

Kamu tak harus berjualan di marketplace, manfaatkan saja bakatmu itu. Misalnya, menawarkan jasa lukis wajah, cara lukis karikatur dan sebagainya. Prospeknya masih terbuka lebar jika tawarkan di media online.

4. Minta Pendapat Orang Lain

Terkadang banyak orang membuat sebuah kesalahan besar dalam hal menjalankan bisnisnya sehingga membuat peluang kegagalan terbuka semakin lebar yakni dengan merahasiakan bisnisnya kepada orang lain dan teman teman dengan alasan takut ditiru dan sebagainya.

Meminta pendapat atau saran dari beberapa orang sangat penting dilakukan sebelum memulai bisnis. Terutama kepada orang terdekat, keluarga, pasangan atau bahkan konsultan bisnis. Dengan begitu, kita akan mendengar pendapat orang lain.

Mana tahu dari sana, mereka akan menyampaikan banyak ide atau memberikan banyak pertimbangan yang tidak pernah kamu pikirkan sebelumnya.

5. Menciptakan Kreasi Bisnis Baru

Tahukah kamu, 3 tahun yang lalu sejak 2019 saat ini tak pernah ada orang yang memikirkan bahwa ojek dapat dijadikan sebagai salah satu bisnis online paling trend di masa kini? Tepat sekali. sebelumnya tidak ada yang pernah berfikir demikian, hingga saat ini pertumbuhan bisnis ojek online makin hari kian berkembang bahkan dilengkapi dengan tambahan bisnis pendukung lainnya seperti Go Food, Go Send dan sebagainya.

Contoh lainnya, di era kemajuan teknologi saat ini sekelompok orang menciptakan sebuah aplikasi dompet digital yang dapat mempermudah penggunanya dalam hal transaksi. Coba kamu kembali ke masa 3 tahun yang lalu. Apakah dahulunya ada?

Mereka berhasil membuat sebuah inovasi atau terobosan terbaru yang belum pernah ada. Jika kamu menemukan sebuah ide yang belum pernah ada, bukan tidak mungkin bisnis online yang akan kamu jalani akan suskses dari masa ke masa.

Dengan membaca artikel tentang cara mencari peluang bisnis online ini, semoga kamu tidak mengalami kebingungan lagi untuk menentukan bisnis mana yang cocok untuk dijalani.

Baca juga:

Your Reactions: