Skip to main content

Aplikasi di Android Kamu Boros Kuota? Berikut Tips Mengatasinya Yang Wajib Kamu Ketahui

Aplikasi di Android Kamu Boros Kuota? Berikut Tips Mengatasinya Yang Wajib Kamu Ketahui
Aplikasi di Android Kamu Boros Kuota? Berikut Tips Mengatasinya Yang Wajib Kamu Ketahui - Aplikasi memang sengaja dibuat untuk memberikan kemudahan bagi para pengguna smartphone. Keberadaannya pun dipakai sebagai sofware untuk memenuhi kebutuhan device yang dijalankan berdasarkan kebutuhan bagi penggunanya. Seperti aplikasi untuk sarana komunikasi, informasi, manajer untuk kegiatan hingga hiburan.

Tidak sedikit aplikasi yang kita gunakan dalam kegiatan sehari-hari memerlukan koneksi internet bagi penggunanya karena aplikasi tersebut selalu online.

Hal tersebut membuat kebutuhan untuk menggunakan data internet semakin meningkat setiap harinya.

Baca Juga : Cara Mudah Mengatasi WhatsApp Pending & Error

Bagi kamu yang masih pelajar atau pun mahasiswa, dengan adanya kejadian seperti itu pasti membuat kamu bingung dan menguras kantong.

Dimana kamu harus rela mengeluarkan dana lebih hanya untuk membeli kebutuhan paket internet, supaya kamu bisa tetap eksis didunia maya.

Untuk itu kamu harus tau aplikasi apa saja yang membuat kuota internet menjadi boros dan cepat habis. Seperti pada beberapa aplikasi berikut ini yang membuat kuota internet kamu cepat habis.

5 Aplikasi Android Paling Boros Kuota

1. Instagram
Bagi para pengguna smartphone pasti kenal dong sama aplikasi yang satu ini? Ya, Instagram sekarang memang menjadi primadona yang populer setelah Facebook. Di Indonesia saja pengguna aktifnya sudah mencapai 20 juta dan akan terus bertambah setiap harinya. Aplikasi Instagram memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk melihat video, foto serta instastory yang ditampilkan secara langsung.

Lain hal nya dengan Facebook yang notabene tampilannya berupa status atau tulisan. Instagram lebih mengutamakan postingan foto dan video. Apalagi dengan adanya fitur yang memudahkan kita untuk memutar video secara otomatis, maka tidak heran jika aplikasi android ini dinobatkan sebagai aplikasi boros kuota di posisi pertama.

2. Facebook
Selain Instagram, aplikasi berikutnya yang membuat kuota internet kamu cepat habis adalah Facebook. Aplikasi sosial media ini sering kali membuat penggunanya lupa waktu ketika sedang membuka aplikasi tersebut untuk sekedar komunikasi, maupun berselancar mencari informasi terupdate. Selain untuk hiburan, ternyata Facebook bisa digunakan untuk berbagi informasi berupa foto, teks maupun berbentuk video yang ditampilkan di beranda.

Fitur ini terbilang lengkap dan semakin membuat para penggunanya lupa waktu sehingga tidak terasa kuota internet cepat habis. Apalagi sekarang Facebook telah mengupgarde fitur yang bisa memutar video secara otomatis yang akan membuat kuota menjadi boros.

3. YouTube
YouTube dibuat memang untuk memberikan informasi melalui konten yang berisi video, baik yang berdurasi pendek atau panjang. Saat ini dengan menggunakan YouTube kamu bisa menonton Live Streaming acara TV secara langsung.

Bukan cuma itu, di YouTube kamu juga bisa mengunggah dan menikmati konten berupa trailer film yang akan dirilis di bioskop. Begitu juga dengan video tutorial serta informasi terbaru dan menarik bisa kamu peroleh dari aplikasi YouTube ini. Dengan segala kemudahan dan manfaat yang diberikan oleh YouTube, tidak heran jika aplikasi ini membuat kuota internet Anda menjadi boros dan cepat habis.

4. Snapchat
Berbagai aplikasi yang dipakai untuk media sosial hiburan memang layak disebut sebagai aplikasi android yang boros kuota. Pasalnya aplikasi Snapchat ini juga tergolong aplikasi yang boros memakan kuota dan merupakan aplkasi sosial media untuk senang-senang dan hiburan.

Aplikasi ini cukup beralasan mengapa cepat menghabiskan kuota yaitu karena fiturnya yang terkenal sebagai media sosial untuk mengunggah video pendek. Dalam mengunggah video pendek pastilah diperlukan data kuota internet dalam jumlah besar walaupun video tersebut berdurasi pendek.

5. Browser Bawaan Smartphone
Aplikasi browser bawaan smartphone berada diposisi kelima sebagai aplikasi android yang boros kuota. Berbagai jenis aplikasi browser bawaan seperti Chrome, UC Browser, dan peramban bawaan lain ternyata bisa dengan cepat menghabiskan kuota internet di smartphone Anda.

Tidak jarang aplikasi browser bawaan ini meminta para penggunanya untuk di upgrade ke versi terbaru dan tentu saja membuat kuota menjadi lebih boros. Selain itu ada juga notifikasi mengenai artikel berita yang sering muncul ternyata menjadi salah satu faktor yang membuat kuota menjadi boros dan cepat habis.

Tips Mengatasi Aplikasi Android Boros Kuota

Walaupun aplikasi yang sudah admin sebut diatas tadi terkenal paling banyak menyedot kuota internet, sebagai pengguna smartphone yang bijak dan cerdas sudah semestinya Anda bisa mengantisipasi hal itu.

Karena pasti berguna bagi Anda agar tidak boros kuota dan lebih bisa menghemat kantong.

Baca Juga : Kode Dial Rahasia Paket Internet Axis 1000% WORK

Dengan begitu Anda bisa mengikut beberapa tips yang akan Saya berikan berikut ini, agar Anda bisa tetap menggunakan aplikasi diatas agar tetap menghemat kuota internet yang Anda miliki.

  • Matikan aplikasi yang tidak digunakan
  • Pakailah browser yang hemat
  • Batasi dalam pemakain aplikasi
  • Matikan auto sinkronisasi
  • Log Out aplikasi media sosial setalah Anda gunakan
  • Matikan smartphone pada saat tidur
  • Matikan jaringan internet ketika tidak dipakai
  • Atur penggunaan data pada ponsel
  • Update aplikasi saat Anda menggunakan WiFi (gratis)

Demikian 5 Aplikasi di Android Kamu Boros Kuota. Walaupun demikian, pemakaian tersebut tetap banyak bahkan terus saja meningkat. Mungkin Anda termasuk dalam salah satu yang tidak bisa berpisah dengan salah satu aplikasi boros kuota diatas.

Maka, agar tidak boros kuota kamu bisa menerapkan tips diatas. Semoga informasi ini sangat bermanfaat bagi Anda, jangan lupa share ya Sob!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar