Adsense Right Sidebar

Sri Mulyani Ungkap Penyelewengan Dana Desa Lewat Desa Fiktif
Sri Mulyani Ungkap Penyelewengan Dana Desa Lewat Desa Fiktif

Sri Mulyani Ungkap Penyelewengan Dana Desa Lewat Desa Fiktif

Sri Mulyani Ungkap Penyelewengan Dana Desa Lewat Desa Fiktif
KARTUMERAH.ID - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mendapati laporan adanya penyelewengan dana desa. Dana tersebut ternyata diklaim untuk desa yang sebetulnya tidak ada.

Dia mengatakan, semenjak program dana desa diluncurkan, banyak desa-desa baru bermunculan. Namun setelah diverifikasi, ternyata desa tersebut baru saja dibuat. Dia mengaku akan segera menginventarisir masalah ini.

“Kami akan inventarisasi, karena kami kemarin mendengar dari salah satu pihak menyampaikan ada desa yang baru saja dibuat,” tuturnya di kompleks parlemen, Jakarta Pusat, Senin (4/11).

Dia menegaskan, bahwa pemberian dana desa akan diverivikasi lebih lanjut. Sebetulnya, kata dia, untuk mendapat dana desa ada sejumlah mekanisme dan persayaratan yang harus dipenuhi.

“Jadi kita akan melihat karena berdasar mekanisme sebetulnya ada mekanisme persetujuan desa, pengurusnya dan lain-lain,” imbuh dia.

Sri Mulyani menambahkan, kementerian akan menyisir segala prosedur pencairan dana desa supaya tidak ada pernyataan yang menyesatkan guna mendapat pendanaan. Termasuk jumlah penduduk desanya dan lokasinya.

“Kami mendengarnya (penyelewengan dana desa setelah pembentukan kabinet dan nanti kita akan invstigasi,” imbuh dia.

Menjelang akhir tahun ini, total dana yang sudah disalurkan ke desa mencapai Rp257 triliun. Meski demikian, Menteri Keuangan mengatakan keberadaan dana tersebut masih belum banyak mengurangi desa yang tertinggal di Indonesia.

“Walaupun kita sudah berikan setiap tahunnya, kita masih banyak lihat desa, sekitar 20 ribu yang masih kategori desa tertinggal,” ungkapnya. [ins]

Baca juga:

Your Reactions: